Daily Information About Sneakers

Cara Merawat Sepatu Berbahan Suede

1 comment

Punya sepatu berbahan suede atau beludru memang perlu perawatan khusus. Ngga bisa sembarangan dicuci pake air dan sikat biasa. Kalo dicuci dengan cara yang asal-asalan, malah bikin upper jadi ngga rata dan bulu-bulunya banyak yang rusak padahal belom lama belinya. So, kali ini gw akan sharing ke kalian bagaimana cara merawat sepatu berbahan suede.

Gunakan Suede Protector

Pertama kali kalian membeli sepatu berbahan suede, kalian ngga boleh lupa buat beli suede protector. Cara pakenya simple, cukup semprotkan merata pada sepatu kalian agar terlindung dari debu dan kotoran. Suede protector sudah banyak tersedia di toko-toko sepatu.

Karet Penghapus

Jika debu terlanjur menempel, kalian bisa pake karet penghapus buat menghilangkan debu yang menempel. Gosok secara merata dan searah serta jangan diberi tekanan yang terlalu kuat. Cara ini yang biasa gw gunakan untuk membersihkan noda-noda yang ringan atau baru. Oiya, pastikan kalian pake penghapus yang bersih ya.

Sikat Gigi dan Air

Sikat gigi digunakan untuk noda yang terlanjur menempel, seperti lumpur atau cipratan minuman yang tumpah. Caranya basahi sikat dan gosokkan searah pada noda. Agar kering letakkan sepatu pada kipas angin, jangan sekali-kali menjemur sepatu kalian di bawah sinar matahari langsung!

Sikat Pakaian dan Air

Kadangkala warna permukaan sepatu kelihatan tidak merata. Dengan sikat pakaian yang halus dan sedikit air, sikatkan searah dari ujung sepatu ke pangkal dengan tekanan dan kecepatan yang sama. Setelah itu letakkan sepatu pada kipas angin, sekali lagi jangan sekali-kali menjemur sepatu kalian di bawah sinar matahari langsung!

Suede Cleaner

Ingin yang praktis? Semprotkan saja suede cleaner dan sikatlah bagian yang disemprot, beres!

Jaga Bentuk Sepatu dan Kelembabannya

Ada beberapa tips untuk menjaga bentuk sepatu suede serta kadar kelembaban didalam sepatunya, yakni :
  • Bila akan lama tidak dipakai, masukkan sepatu ke wadahnya dan isikan koran ke dalam sepatu agar bentuknya terjaga.
  • Masukkan silica gel pada kotak sepatu dan kamper agar kelembaban dan baunya terjaga, juga mencegah serangga masuk ke dalam sepatu.


Itu tadi penjelasan cara merawat sepatu berbahan suede. Gimana lumayan ribet juga kan?

1 comment :